burger panggang

Hamburger, Makanan Luar Negeri Yang Membumi

Siapa yang tidak mengenal hamburger? Pasti kita sudah sering meliat Roti Lapis hamburger dalam film kartun yang tayang di TV, spongebob squarepants adalah seorang pekerja di restoran krabby patty milik tuan crab. Krabby patty itu adalah burger. Burger adalah makanan dari luar negeri, terbat dari roti yang ditumpuk dengan patty atau daging dan sayuran di dalamnya. Tidak lupa pula saos dan mayones di dalamnya. Mungkin bagi lidah orang Indonesia yang tak terbiasa dengan makanan ini pasti tidak akan suka. Namun sesungguhnya makanan ini memiliki cita rasa yang lezat

dan membuat perut kenyang karena kandungan karbohidratnya yang tinggi. Nama hamburger sendiri atau belakangan sering disebut dengan burger saja bukan berasal dari kata ham yang artinya daging asap. Namun asal makananannya yang berasal dari kota Hamburg, Jerman, membuat makanan ini memiliki nama hamburger. Jadi roti lapis hamburger adalah bukan makanan yang berasal dari daging asap, melainkan makanan yang berasal dari kota Hamburg. Kemudian, para penduduknya banyak yang berpindah ke Amerika. Belakangan  roti lapis hamburger lebih digemari di Amerika ketimbang di negara asalnya. Sebelum hits dan banyak digemari, burger sudah sangat lama menjadi makanan khas dari bangsa tartar yang terletak di Asia Tengah. Makanan tersebut terbuat dari daging cincang mentah ang diberi perasan jeruk untuk menghilangkan baunya. Ketika dibawa ke Hamburg, makanan tersebut kemudian mengalami modifikasi, yakni dimasak.

Baca juga ya : 3 Sejarah Ice Cream Sundae asal Amerika Serikat

Hamburger Populer di Amerika

Makanan tersebut kemudian semakin menyebar dan banyak dikenal orang. Mereka pun suka dengan rasa makanan tersebut. Hamburger kemudian lebih dikenal dengan sebutan hamburger steak. Meski asalny adalah dari kota Hamburg, namun makanan ini tenar dan mendapatkan popularitasnya di Amerika. Kota Hamburg juga di kenal dengan kota yang senang sekali main poker boya 99 online dengan uang asli, sangking menjadi favorit nya permainan ini sampai dimainkan oleh semua orang di kota ini.

Di negeri paman sam tersebut, burger disajikan dengan cara mengiris roti bulat menjadi dua bagian kemudian diisi dengan daging dan macam-macam sayuran serta acar. Dari situlah, roti lapis hamburger mulai dikenal. Popularitas roti lapis hamburger memiliki berbagai macam versi dari asal usulnya. Ada yang menyebutkan bahwa burger mulanya diciptakan oleh dua bersaudara dari Ohio, Frak dan Charles Mences. Mereka membuat roti isi dengan sosis, namun ketika sosisnya habis akhirnya mereka menggunakan daging cincang sapi untuk isian roti. Makanan roti lapis hamburger memang ditemukan secara tidak sengaja, namun secara kebetulan pula makanan ini disenangi dan cocok di lidah bayak orang.

 

Versi selanjutnya, menurut info dari komunitas sejarah seymour yang ada di Wisconsin, Amerika. Komunitas tersebut menyebutkan sebuah nama yakni Charlie Nagreen yang menyatakan diri sebagai pecinta hamburger. Pada tahun 1885, Charlie berjualan roti isi yang memiliki isian bakso. Sayangnya makanan itu tidak mendapat respon yang baik dari masyarakat, akhirnya tidak laku. Lalu, Charlie memipihkan bakso yang bulat itu untuk memudahkan proses memakannya, ternyata makanan tersebut malah lebih laku dan akhirnya laris di pasaran. Sedangkan menurut catatan lain dari perpustakaan kongres USA dan pemerintah negara connecticut, burger kali pertama dijual pada tahun 1895 oleh seseorang yang bernama Saat Louis Lassen. Pada awalnya makanan tersebut belum memiliki nama, kebetulan pelaut-pelaut dari hamburg berdatangan dan memakan makanan tersebut. Jadilah makanan tersebut disebut sebagai hamburger, atau makanan para pelaut dari Hamburg. Itulah tadi sedikit mengenai sejarah hamburger yang memiliki beberapa versi. Makanan ini sangat mengenyangkan karena mengandung karbohidrat yang tinggi.Roti lapis Hamburger termasuk ke dalam golongan junk food yang tidak baik bila dikonsumsi terlalu sering.

 

2 thoughts on “Hamburger, Makanan Luar Negeri Yang Membumi

  1. lindanor says:

    jangankan elu rik, ini mah makanan paling pertama gua kalo udah injek kaki di MCD, memang the best dah apalagi yang spicynya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *