makanan cepat saji

Goreng Garing French Fries Amerika


Kentang goreng atau yang memiliki nama french fries dari negara asalnya, merupakan camilan yang terbuat dari irisan kentang yang digoreng sangat garing. Asal usulnya bila dilihat dari nama yakni french fries yang artinya goreng hingga garing. Makanan ini berasal dari Bilivia Amerika Serikat dan Peru. Negara Amerika Serikat sendiri, umum disingkat dengan AS di Indonesia, bila di luar negeri sering disingkat dengan naman USA atau US saja.

Negara Amerika merupakan negara dengan bentuk republik konstitusional federal yang memiliki 50 negara bagian dan satu buah distrik federal. Negara Amerika serikat diapit oleh dua samudera yakni samudera pasifik dan samudera atlantik di bagian barat dan timur. Negeri pamansam ini memiliki beberapa daerah teritori di pasifik dan karibia, luasnya sejmulah 3,79 juta mil persegi atau sekitar 9,38 juta kilometer persegi. Jumlah penduduknya mencapai 315 juta jiwa. Cukup sedikit bila mengingat US adalah salah satu negara terluas di dunia nomer 3 atau nomer 4. Dengan jumlah penduduk yang mencapai angka 300 jutaan, US menepati peringkat urutan nomer 3 dalam kategori jumlah penduduk terbanyak di dunia. Di Amerika sendiri, banyak etnis dan suku manusia yang tinggal di sana. Inilah mengapa Amerika merupakan negara multietnis dan multikultural. Negara ini menganut paham liberal sehingga warganya bebas melakukan apa saja, bahkan melakukan sex bebas. Dimulai dari abad 15, ketika orang Spanyol membawa makanan yang termasuk dalam kategori camilan ringan ini ke Eropa. Rupanya, di Eropa kentang dapat tumbuh subur berkat tanah daniklim yang sesuai. Tak berjalan lama, pada akhir abad ke 18, kentang sendiri sudah menjadi salah satu dari bahan makanan utama Eropa selain roti. Akhirnya, kentang menyebar kemana-mana ke seluruh negara jajahan Eropa termasuk Indonesia.

 

Di negara Amerika, petani di sana juga menanam kentang. Namun di daerah lain yang bernama New England, kentang adalah makanan ternak. Selanjutnya, Thomas Jefferson yang merupakan presiden Amerika ketiga, sangat menyukai French Friesini, ia lalu sering menghidangkan kentang goreng kepada para tamunya. Akhirnya berkat hal tersebut, kentang menjadi dikenal luas di berbagai daerah. Kemudian, banyak restoran mewah di Amerika yang tidak lagi sungkan untuk memasukkan kentang goreng atau french fries dalam daftar menunya. Pada saat itu, bentuk irisan kentang masih tebal-tebal dan bukannya kecil panjang seperti saat ini.

Baca juga bahasan seru lainnya :  Amankah Ayam Goreng Amerika Super Enak untuk Anak

Pada tahun 1853, di sebuah restoran di Amerika seseorang memesan kentang goreng, namun ia tak mau bila kentangnya masih dalam irisan yang tebal. Akhirnya sang koki membuat irisan kentang menjadi sangat tipis, setipis korek api. Hal itu justru membuat pelanggan tersebut suka, lalu pelanggan-pelanggan lain banyak yang memesan makanan serupa. Jajanan kentang goreng tersebut, mulanya bernama Saratoga Chips. Teknologi semakin berkembang, muncullah alat pengupas kentang yang membuat produksi kentang goreng bisa lebih banyak dan cepat tanpa harus merepotkan tangan untuk mengupas kentang satu persatu. Kentang goreng yang populer ini akhirnya meluas ke seluruh negara termasuk Indonesia dimulai dari Amerika bagian utara. french fries masuk ke Indonesia bersamaan dengan fried chicken dan burger, ketika restoran gaya Amerika mulai dibuka. Itulah tadi mengenai kentang goreng dan sejarah permunculannya. Makanan ini merupakan jajanan ringan yang cocok untuk menemani santai dan aktifitas ringan seperti kumpul-kumpul bersama teman dan menonton film.

 


 

One thought on “Goreng Garing French Fries Amerika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *