es krim terenak di dunia

3 Versi Sejarah Es Krim Sundae Asal Amerika


Es krim sundae merupakan makanan yang banyak disukai oleh orang di seluruh dunia. Dari tua sampai muda semuanya menyukai eskrim. Rasanya yang manis dan dingin sangat cocok dimakan ketika cuaca panas. Ada banyak varian rasa eskrim yang dapat dipilih saat ini, kesemuanya memiliki cita rasa yang berbeda dan menyegarkan. Salah satunya adalah es krim sundae yang berasal dari Amerika. Es krim sundae adalah eskrim yang disiram dengan toping coklat atau yang lainnya. Rasanya sangat segar dan meleleh di mulut. Es krim sundae ini kalau di Indonesia dapat ditemui di kedai yang menjual aneka olahan ayam dan minuman khas amerika.

 

Negara Amerika Serikat umum disingkat dengan AS di Indonesia, bila di luar negeri sering disingkat dengan naman USA atau US saja. Negara Amerika merupakan negara dengan bentuk republik konstitusional federal yang memiliki 50 negara bagian dan satu buah distrik federal. Negara Amerika serikat diapit oleh dua samudera yakni samudera pasifik dan samudera atlantik di bagian barat dan timur. Negeri pamansam ini memiliki beberapa daerah teritori di pasifik dan karibia, luasnya sejmulah 3,79 juta mil persegi atau sekitar 9,38 juta kilometer persegi. Jumlah penduduknya mencapai 315 juta jiwa. Cukup sedikit bila mengingat US adalah salah satu negara terluas di dunia nomer 3 atau nomer 4. Dengan jumlah penduduk yang mencapai angka 300 jutaan, US menepati peringkat urutan nomer 3 dalam kategori jumlah penduduk terbanyak di dunia. Di Amerika sendiri, banyak etnis dan suku manusia yang tinggal di sana. Inilah mengapa Amerika merupakan negara multietnis dan multikultural. Negara ini menganut paham liberal sehingga warganya bebas melakukan apa saja, bahkan melakukan sex bebas.

 

Mengenai sejarah sundae sendiri, sejarawan berpendapat bahwa ada 3 versi asal usul sundae ini, yaitu sebagai berikut:

  1. Evanston, Illion

Amerika serikat bagian barat tengah pernah melarang penjualan minuman bersoda di hari minggu. Orang-orang saat itu sangat menyukai air soda sebagai minuman yang menyegarkan di tenggorokan. Lalu, sebagai penggantinya, penjual air soda mulai menjual soda kembali namun dalam bentuk es krim. Es krim soda dengan toping sirup inilah yang menjadi cikal bakal sundae sampai saat ini.

  1. River, Wisconsin

Pemilik usaha penjualan air soda, George Giffy bersaing dengan pemilik usaha yang sama di dekatnya. Ia merasa harus menjual lebih dari aa yang ada dan menjual es krim yang sama seperti Ed Berners. Lalu, iamemutuskan untuk menjual ice krim tersebut hanya pada hari minggu saja. tercetuslah nama es krim hari minggu, atau kalau dalam bahasa Inggris berarti Sunday. Seiring berjalannya waktu, nama Sunday berubah menjadi sundae. Uang yang dihasilkan dari penjualan es krim sundae lumayan banyak, sebab banyak oran yang menyukai rasanya yang sederhana.

  1. Ithaca, New York

Selanjutnya, versi yang terakhir mengatakan bahwa es krim sundae berasal dari New York. Pencitanya adalah Chester Platt yang pada waktu itu, ia memiliki toko obat bernama platt and colt tahun 1893. Chester platt menyiapkan es krim rasa vanila yang diatasnya disiram dengan sirup cherry dan dihiasi dengan buah cherry pula, es krim tersebut diberikan pada pendeta Scott. Lalu, es krim tersebut dijual di toko obat milik Platt setiap hari minggu. Itulah tadi 3 sejarah es krim sundae asal Amerika.

Setelah tahu sejarahnya jadi penasaran ya coba es krim Sundae yang super enak ini, coba mampir ke outlet yang satu ini ya guys Outlet Es krim sundae


 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *